0
24 Agustus 2015

Orasi Berapi-Api HBA-Edi: Kami Sudah Melakukan, Ketika yang Lain Baru Memikirkannya Jambi - Orasi politik pasangan calon gubernur Jambi Hasan Basri Agus dan Edi Purwanto dalam deklarasi partai pengusung kedua calon di Season Square di kawasan Thehok, Kota Jambi, Sabtu 22 Agustus 2015, memukau ribuan massa yang hadir.
Hasan Basri Agus berpidato secara normatif terkait pencapaian yang telah dilakukan oleh pemerintahnnya selama 5 tahun di Jambi.

Namun disela-sela penyampaian keberhasilan pemerintahnnya, Hasan Basri Agus juga menyelipkan pembelajaran politik bagi masyarakat.
Menurut dia, dalam proses demokrasi (pilkada), hal yang harus dilakukan oleh warga sebelum memilih pemimpin adalah melihat dengan benar apa yang telah dilakukan oleh calon pemimpin itu, bukan berdasarkan janji-janji yang belum terbukti. Bukan berdasarkan pencitraan.

"Jangan bodoh-bodohi masyarakat dengan fitnah, kasihan masyarakat. Kita hidup di zaman modern, di zaman ilmu pengetahun, bukan zaman jahiliah, dimana fitnah berkembang dan lebih dipercaya daripada fakta. Sebagai pemimpin dan calon pemimpin kita mengimbau jangan menyuguhi dan mengajari masyarakat dengan fitnah dan perkataan berbau adu domba," kata dia lagi.
Dia meminta kepada para politisi, agar jangan menyampaikan hujatan-hujatan dan fitnah kepada lawan politik. Jangan menyampaikan kerja yang tidak pernah terbukti. Apalagi menilai pembangunan suatu daerah dengan perasaan dan kaca mata hitam.
"Rasullallah SAW mengatakan, kamu adalah apa yang kamu kerjakan. Artinya untuk memilih seorang pemimpin haruslah berdasarkan apa yang telah dikerjakanya. apa yang telah dicapainya," kata HBA.
Menurut HBA, dirinya tidak bermaksud menyampaikan apa yang telah dikerjakannya selama ini di Jambi. Dia tidak ingin riya. Namun, dalam moment politik, penyampaian menjadi penting sebagai pembelajaran politik bagi masyarakat.
Dengan mengutip hadis nabi, Hasan Basri Agus mengatakan bahwa setiap orang adalah pemimpin bagi dirinya. Setiap pemimpin harus mandiri dan bertopang pada dirinya sendiri, bukan kepada orang lain apalagi orang tua.
"Setiap kamu adalah pemimpin, setiap kamu itu akan diminta pertanggungjawaban. Bukanlah pemimpin jika mengandalkan bapaknya, tapi yang dikatakan pemimpin itu adalah "saya"," ucapnya disambut tepuk riuh massa.

Usai HBA, calon wakil Gubernur Edi Purwanto tampil begitu memukau massa yang hadir di lapangan.
Edi menyampaikan sejumlah poin penting terkait pencapaian Hasan Basri Agus selama menjabat sebagai Gubernur Jambi 2010-2015.
Menurut Edi, apa yang telah dilakukan oleh pemerintah terdahulu merupakan bukti nyata bahwa Hasan Basri Agus benar-benar telah bekerja.
"Kami sudah melakukannya, sebelum yang lain masih memikirkannya," kata Edi disambut tepuk riuh massa yang hadir.

Sumber : http://sumateratoday.com/berita-orasi-berapiapi-hbaedi-kami-sudah-melakukan-ketika-yang-lain-baru-memikirkannya.html

Posting Komentar

 
Top