0
08 September 2015

Pengakuan Mantan Menteri Agama SDA : Megawati, Amien Rais, hingga Karni Ilyas pun Dapat Jatah Kuota Haji
 Mantan Menteri Agama (Menag) Suryadharma Ali (SDA) membeberkan pihak-pihak yang menerima sisa kuota haji. Mereka adalah kalangan yang berasal dari beragam latar belakang dari tokoh politik hingga tokoh masyarakat.
Dalam eksepsi yang dibacakannya di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (7/9), SDA menyebut, Megawati Soekarnoputri, almarhum Taufiq Kiemas, Paspampres mantan Wakil Presiden Boediono, Amien Rais, hingga Karni Ilyas diberikan jatah kuota haji.
"Lalu, kami memberikan kesempatan kepada berbagai pihak. Banyak sekali yang menginginkan tapi kuota sangat terbatas tidak sebanding dengan permintaan," ujar SDA.
Dikatakan, Paspampres mantan Wakil Presiden Boediono menerima kuota lebih dari 100 orang, almarhum Taufiq Kiemas, dan Megawati Soekarnoputri sebanyak 50 orang, mantan Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro sebanyak 70 orang, Amien Rais sebanyak 10 orang, Karni Ilyas sebanyak 2 orang, keluarga SDA sebanyak 6 orang, termasuk Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menerima kuota sebanyak 6 orang.
Menurutnya, pemberian kuota tersebut tidak melanggar hukum. Justru menyelamatkan negara dari kerugian. Sebab, setiap tahun kuota haji tidak terserap sebanyak 1-2 persen lantaran calon haji ada yang meninggal dunia, sakit keras, atau tidak mampu melunasi biaya.
"Penggunaan sisa kuota yang tidak terserap itu sesuai dengan UU 13/2008 dan Peraturan Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh tentang Petunjuk Teknis Penggunaan Sisa Kuota Nasional," paparnya.
Namun, SDA tidak memastikan apakah pihak-pihak yang disebutkannya itu menerima kuota haji yang ditawarkan kementeriannya.
Adapun penerima sisa kuota haji nasional tahun 2012, antara lain pimpinan dan anggota DPR, pimpinan dan anggota DPD, BPK, BPKP, KPK, Ombudsman, TNI/Polri, BPS, wartawan media center dan nonmedia center haji, tokoh agama, dan tokoh masyarakat.
"Padahal kami telah memberikan kesempatan jemaah haji untuk melunasi BPIH dalam tiga tahap. Tapi ternyata kuota tersebut masih tersisa," kata SDA.

Sumber : http://sumateratoday.com/berita-pengakuan-mantan-menteri-agama-sda--megawati-amien-rais-hingga-karni-ilyas-pun-dapat-jatah-kuota-haj.html

Posting Komentar

 
Top