0
17 Agustus 2015

 Dengan semangat kemerdekaan yang menjunjung tinggi persatuan, dan kesatuan serta kebersamaan dalam memerdekakan bangsa dari masalah yang sedang dihadapi oleh pemerintah Jambi terutama masalah sosial, seperti kemiskinan, pengangguran, dan penyalahgunaan narkoba, ILUNI UI Jambi dan Polda Jambi bekerjasama membangun Sekolah Tukang, dengan tema pada hari kemerdekaan ini adalah "Save Pulau Pandan."
"Ini adalah setitik upaya yang bisa diberikan oleh para Alumni UI yang berada di Jambi dalam membantu pemerintah menyelesaikan masalah sosial yang sedang dialami oleh masyarakat di Provinsi Jambi. Sekolah Tukang yang dibangun ini adalah suatu inisiatif dan sebagai pencetus tindakan serupa yang selanjutnya akan dilanjutkan oleh pemerintah daerah Jambi melalui kerjasama dengan para pihak stakeholder Jambi, baik pemerintah daerah, masyarakat, serta dunia usaha yang ada di Provinsi Jambi," demikian Ketua ILUNI UI Jambi, Iskandar Sulaiman, pada sambutan pembukaan Sekolah Tukang di Lapangan Pulau Pandan.
Pada saat yang sama Kapolda Jambi, Brigjend Pol Lutfi Lubianto, mengatakan bahwa Sekolah Tukang adalah salah satu solusi bagi pemberdayaan anak-anak muda dan masyarakat di Pulau Pandan dan sekitarnya khususnya dan masyarakat Jambi umumnya melalui pendidikan keahlian, dan pembentukan mental pembangunan sehingga masalah sosial yang sedang terjadi di Pulau Pandan saat ini bisa dientaskan dengan jalan keluar yang nyata. "Kalau kita bersatu dan bekerjasama, kita pasti bisa," jelas Kapolda Jambi.
Kegiatan Sekolah Tukang akan dilaksanakan selama 3 bulan, dimana 1 bulan dilatih di kelas, yaitu di SMK Negri 3 Kota Jambi, dan selanjutnya bulan ke 2 dan ke 3 akan disalurkan melalui perusahaan-perusahaan pengembang perumahan yang ada di Kota Jambi, dan para siswa selama magang tersebut sudah diberikan upah atau uang saku oleh perusahaan tersebut.
Selanjutnya setelah para siswa menamatkan pendidikan sekolah tukang akan langsung dipekerjakan oleh perusahan-perusahaan yang sudah bekerja sama tersebut. Dengan demikian setidaknya ada tiga target pengentasan yang bisa dicapai yaitu pengentasan pengangguran, pengentasan kemiskinan, dan pengentasan penyalahgunaan narkoba.

Sumber : Jambi News

Posting Komentar

 
Top