0
19 September 2015

BMKG : Musim Hujan Pertengahan Oktober

Badan Meteorologi Klimatalogi dan Geofisika (BMKG) Jambi mempridiksikan hujan baru akan turun pada pertengahan Oktober 2015.
"Wayah Provinsi Jambi akan memasuki musim penghujan diperkirakan pada pertengahan Oktober," kata Gumilang selaku Prakirawan BMKG Jambi, Kamis (18/09/2015).
Lanjutnya, di Provinsi Jambi saat ini masih dalam musim kemarau dan masyarakat Jambi masih di hadapi oleh bencana kekeringan hingga Oktober mendatang.
"Kalau puncak kemarau diprediksi terjadi pada akhir bulan Agustus hingga September ini," katanya lagi.
Ia menjelaskan, prediksi musim penghujan ini dilakukan oleh station klimatologi Sungai Duren Jambi. Karena disanalah stasiun yang bertugas khusus memberikan informasi yang berkaitan dengan iklim.
"Station disana yang memiliki tupoksi terkait curah hujan dengan sekala yang cukup besar dan yang menentukan masuknya musim penghujan dan musim kemarau," tambahnya.
Prediksi masuknya musim penghujan dipertengahan bulan Oktober di tahun ini didasari oleh kondisi normal wilayah Provinsi Jambi yang dilihat dari data curah hujan yang dimiliki oleh BMKG.
Selain hal tersebut, perubahan arah angin juga sangat mempengaruhi. Dimana pada musim kemarau, arah angin pada umumnya bergerak dari arah timur hingga tenggara keselatan. Sedangkan di musim penghujan, arah angin berubah dan bergerak dari arah barat menuju utara.
"Perubahan arah angin tersebut sangat mempengaruhi pertumbuhan awan diwilayah Provinsi Jambi," tutupnya. 

Sumber : http://jambisatu.com/berita-bmkg--musim-hujan-pertengahan-oktober.html

Posting Komentar

 
Top