0
19 September 2015

Polisi Texas Kaji Insiden Penangkapan ABG Muslim AS Ahmed

Insiden penangkapan pelajar muslim Amerika Serikat, Ahmed Mohamed (14) yang dikira membawa bom rakitan, menuai banyak pro-kontra. Kepolisian Texas berencana untuk mengkaji secara mendalam penanganan kasus ini.

"Satu hal yang jelas bagi saya, terlepas dari apa yang telah kami lakukan, tidak peduli putusan yang telah diambil, akan ada orang-orang yang setuju dan orang-orang yang tidak setuju," tutur Kepala Kepolisian Irving, Larry Boyd kepada CNN dan dilansir Reuters, Sabtu (19/9/2015).

Ahmed yang duduk di bangku kelas 9 di MacArthur High School, Irving, Dallas, Texas ini diborgol polisi pada Senin (14/9), setelah pihak sekolah mencurigai dirinya membawa bom rakitan ke sekolah. Padahal saat itu, Ahmed hanya ingin menunjukkan jam digital rakitannya kepada gurunya di sekolah.

Tak hanya diborgol, Ahmed yang masih di bawah umur ini juga diinterogasi polisi tanpa didampingi orang tua maupun pengacara. Hal ini memicu kecaman banyak pihak. Dewan Hubungan Amerika-Islam menyebut kasus ini menjadi contoh sentimen kebencian dan ketakutan terhadap Islam yang tumbuh dalam masyarakat AS.

Namun Boyd tetap membela putusan yang diambil pihaknya. "Polisi telah mengambil keputusan terbaik yang mereka pikir bisa mereka lakukan saat itu, berdasarkan informasi yang mereka memiliki," ucapnya.

"Tentu kami akan mengkaji keputusan ini. Tentu kami ingin melihat ke belakang dan merenungkan hal ini dan seluruh keputusan dan alternatifnya, dan memastikan kami memberikan panduan terbaik bagi anak buah kami, karena ini tidak akan menjadi keputusan kontroversial yang akan mereka ambil," imbuh Boyd.

Boyd mencoba menjelaskan dari sisi penegak hukum, dengan menyebut bahwa saat itu polisi berusaha mencari tahu motif Ahmed membawa jam digital rakitannya itu ke sekolah. Pihak sekolah berusaha menanyai Ahmed untuk memahami apa tujuannya membawa benda yang sempat diduga bom rakitan itu.

Atas kasus ini, kepolisian Texas menyatakan tidak akan menjeratkan dakwaan pidana kepada Ahmed. Mereka juga menyatakan, kasus Ahmed ini telah resmi ditutup. 

Sumber : http://news.detik.com/internasional/3023248/polisi-texas-kaji-insiden-penangkapan-abg-muslim-as-ahmed

Posting Komentar

 
Top