0
16 September 2015

Tidak Ada Penerimaan PNS, Disdik Masih Andalkan Tenaga Honor

Meski saat ini kota Jambi masih banyak kekurangan PNS, khususnya dibidang kesehatan dan pendidikan, namun Badan Kepegawaian Daerah Kota Jambi memastikan bahwa tahun 2015 ini tidak menerima Calon Pegawai Negeri Sipil (PNS).
Hal itu dikarenakan MenPan RB menginstruksikan untuk mendata ulang PNS diseluruh Indonesia melalui Pendaftaran Ulang (PU- PNS).
"Sekarang kita sedang mendata ulang PNS yang ada di Kota Jambi. Nanti kalau sudah selesai baru ketahuan berapa kurangnya," kata Kepala BKD Kota Jambi, Subkhi.
Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Jambi, Syaiful Huda, mengatakan bahwa saat ini masih kekurangan tenaga pendidik, terutama ditingkat dasar. Namun jika tidak ada penerimaan PNS, pihaknya masih akan mengandalkan tenaga honorer.
"Sekarang ada sekitar 400 orang tenaga honorer ditingkat Sekolah Dasar. Kita maunya kuotanya banyak untuk tahun depan, tapi kan yang mengajukan Pemkot," ujarnya.
Ditambahkannya, selama ini pembiayaan guru honorer ini dianggarkan15 persen dari dana BOS. Ia berharap tenaga honorer segera diangkat menjadi PNS agar sekolah tidak kekurangan tenaga pendidik.
"Permasalahan ini sudah menjadi masalah Nasional, setidaknya kalau tidak diangkat 100% ya 50% dulu," tuturnya.
Menanggapi hal ini, Komisi IV Abdulah Thaif mengatakan akan mengaktifkan kembali fungsi komite sekolah.
"Dengan adanya komite sekolah, ini akan membantu untuk membayar gaji guru honor karena ada iuran sukarela. Tapi sampai iuran sukarela ini dibilang pungli yang dilakukan pihak sekolah," jelasnya.
Selain itu pihaknya juga akan melakukan pembahasan mengenai perda ketenagakerjaan. Perda ini nantinya akan mengatur tentang pengupahan bagi pekerja di Kota Jambi.
"Ini merupakan perda inisiatif dari Komisi IV, diharapkan nanti dapat mengatasi tentang permasalahan gaji terutama bagi guru honorer," jelasnya.
Thaif mengatakan Perda ini akan mengatur tentang upah layak bagi pekera di Kota Jambi sesuai dengan Standar Hidup layak (SHL). "Kita sedang bahas. Jangan sampai perda ini mandul, banci atau tidak berfungsi untuk jangka panjang," pungkasnya.

Sumber : http://jambisatu.com/berita-tidak-ada-penerimaan-pns-disdik-masih-andalkan-tenaga-honor.html

Posting Komentar

 
Top